Ilmu Komputer

Bikin Slideshow diBloger
Slide merupakan tampilan berupa objek yang dalam kurun waktu tertentu selalu bergantian tampil antara objek atau image yang satu dengan image yang lainnya.
Artikel ini merupakan jawaban atas pertanyaan dari sobat kita Diktus yang menanyakan bagaimana cara menempatkan slide pada blog seperti yang ada pada blog ini. Sebenarnya sih tulisan tentang memasang slide pada blog ini sudah banyak ditulis para blogger lain namun tidak salahkan untuk mempermudah pengunjung BIK dalam mendapatkan informasi tentang memasang slide ini sehingga perlu diposting di blog ini juga.

Untuk menampilkan slide berupa foto sangat mudah, namun sebelumnya semua foto yang dijadikan slide harus disimpan terlebih dahulu di situs/web penyedia layanan untuk upload foto misanya picasa web album.
Pada contoh ini saya menggunakan Picasa Web Albums anda bisa saja menggunakan friendster atau situs penyedia slide lainnya.

Setelah foto-foto tersimpan dalam picasa web albums, langka selanjutnya adalah menempatkan foto-foto tersebut sebagai slide di sidebar blog caranya :

Login ke Picasa Web Albums, kemudian klik pada Picasa Web Albums dan tentukan albums mana yang akan dijadikan slide (bila anda memiliki beberapa albums) dan perhatikan tulisan Link to this album klik disitu, kemudian klik Embed Slideshow sehingga muncul jendela .

Langka berikutnya adalah adalah menentukan ukuran slide yang hendak ditampilkan dalam blog dengan cara klik pada pilihan Select Slideshow Size, disitu ada beberapa pilihan yaitu Small 144px, Medium 288px (seperti yg ada dalam blog BIK ini), Large 400px, Extra Large 600px dan Extra-extra Large 800px.

Tips berikutnya adalah berikan tanda centang atau contreng pada Autoplay agar slide akan berjalan dengan sendirinya, jika tidak diberi tanda centang maka slide tidak akan jalan sebelum menekan/klik tombol play.

Pilihan Show Captions dan HTML Link (for MySpace) tidak usah berikan tanda centang, tapi bila ingin menampilkan captions dan HTML Link, silahkan berikan tanda centang. Sebagai contoh pada blog ini saya hanya menggunakan atau memberi tanda centang pada Autoplay saja.

Langkah terakhir adalah copy code yang berada pada kotak Embed slideshow. Code ini nantinya akan ditempatkan di dalam blog.
Ok mari kita teruskan tips ini dengan memasang code yang sudah kita dapatkan dari picasa web albums tadi ke dalam blog.
Login terlebih dahulu ke blogger dengan akun anda kemudian klik Layout dan Add Gadget/tambah gadget.
Pilih HTML/JavaScript
Pastekan kode yang sudah di copy dari picasa web albums tadi kemudian klik Save/Simpan.
Selesai….Slide berisi foto-foto anda akan terlihat pada blog anda sekarang. (BIK)

TIPS MEMBELI LAPTOP BEKAS
Laptop saat ini bukan lagi barang mewah yang hanya dimiliki oleh orang yang memiliki banyak uang atau lebih dikenal dengan orang kaya. Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan akan teknologi itu sendiri sehingga kebutuhan akan laptop menjadi tidak terbatas dan tidak mengenal kaya dan miskin seperti halnya handphone. Harga yang tersedia di pasaranpun berfariasi dan memungkinkan semua orang bisa membelinya, baik itu laptop baru maupun laptop second atau bekas.
Untuk laptop baru tentu saya kira tidak terlalu sulit untuk memilihnya namun bagaimana apabila kita ingin membeli laptop bekas.

Jangan karena harga murah langsung dibeli akan tetapi sebaiknya baca terlebih dahulu tips berikut ini sebelum mengambil keputusan untuk membelinya.

1. Hardware
* Hardware yang dimaksud disini adalah fisik dari laptop itu sendiri, mulai dari LCD, Untuk membuktikan bahwa LCD tidak terdapat kebocoran maka sebaiknya ganti warna background dengan warna gelap (hitam) jika terlihat titik-titik putih terang maka kemungkinan LCD tersebut sudah bocor.
* Case atau badan secara keseluruhan dari laptop itu sendiri, perhatikan baut-baut pengancing case laptop agar terpasang dengan benar, jika ada baut yang longgar kemungkinan laptop tersebut sering dibongkar.
* Kayboard dan TouchPad, apabila kedua komponen ini terlihat masih dalam kondisi yang baik maka kemungkinan pemilik laptop sebelumnya merawat laptop dengan baik.
* Battery, ini juga sangat penting apabila pemakai laptop sebelumnya menggunakan battery dengan baik, maka kemungkinan fungsi battery masih tetap menyimpan arus listrik, uji kelayakan battery dengan mencoba menggunakan battery pada laptop tanpa terhubung ke stopkontak listrik.
* Kelengkapan laptop seperti Compact Disk (CD) Driver bawaan laptop itu sendiri. CD driver harus ada karena setiap laptop harus memiliki driver sendiri. CD driver ini sangat dibutuhkan apabila dikemudian hari terjadi kerusakan pada sistem operasi.
2. Software
* Software atau perangkat lunak yang ada di dalam laptop pun sangat berarti karena apabila program-program yang ada di dalam laptop tidak berfungsi dengan baik maka tidak akan berarti apa-apa sebuah laptop. Perhatikan software apa saja yang ada di dalamnya apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Perhatikan juga software driver apakah sudah terinstall dengan benar. (BKI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s